MENGENAL APA ITU DESAIN GRAFIS DAN LOGO

 Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar dan tata letak.




 Logo adalah tanda, lambang, atau simbol yang menjadi identitas sebuah organisasi, perusahaan, atau individu, agar mudah dikenal serta diingat.

fungsi logo dalam suatu perusahaan :

Membangun kepercayaan 

Fungsi logo yang pertama yakni membangun kepercayaan. Pasalnya banyak orang mengira bila logo mengasosiasikan bagian dari kualitas brand itu sendiri. Jika persepsi tentang kualitas brand sudah terbentuk di benak audiens, maka akan lebih mudah bagi orang untuk percaya terhadap brand hanya dari melihat logonya saja.  Dengan membangun kepercayaan brand tersebut, berarti kamu sedang membangun masa depan brand yang lebih baik. 

Menonjolkan keunggulan perusahaan

Logo merupakan cara yang sempurna untuk memberitahu orang betapa uniknya perusahaanmu. Caranya adalah dengan berani menampilkan logo yang berbeda dari brand lainnya. Di sisi lain manfaat logo bagi perusahaan juga dirancang untuk mengomunikasikan segala sesuatu tentang perusahaan, mulai dari visi dan misi perusahaan hingga latar belakang perusahaan. 

Meningkatkan brand impression 

Orang pertama kali akan mengenali brand biasanya dari logonya. Kesan pertama inilah yang akan membekas di audiens.  Untuk membangun kesan yang baik, maka logo yang dirancang juga harus menarik, agar mampu memikat publik yang membuat mereka tertarik mempelajari tentang brand. 

Sebagai identitas brand

Hal yang tidak kalah penting dari fungsi logo bagi perusahaan yaitu sebagai identitas brand atau brand identity.  Hal ini karena logo merupakan dasar untuk keseluruhan narasi yang dibangun oleh brand. Warna, corak, dan font pada logo dapat menentukan narasi apa yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Tak hanya itu, logo ini juga nantinya akan ada dalam setiap elemen-elemen yang diletakkan di bagian email, kop surat, website perusahaan, merchandise dan sebagainya. 


No comments:

Post a Comment

MENGENAL SEDIKIT TENTANG LUAR ANGKASA

          Luar angkasa, tempat yang tak terbatas dan misterius, telah mempesona manusia selama ribuan tahun. Melalui pengetahuan dan teknolo...